At – Tibyan (10. Riwayat Penulisan Mushaf Al-Qur’an dan Pemuliaannya – 110. Membawa Mushaf Bersama Selainnya)


حمله مع غيره

[فصل] إذا مس المحدث أو الجنب أو الحائض أو حمل كتابا من كتب الفقه أو غيره من العلوم وفيه آيات من القرآن أو ثوبا مطرزا بالقرآن أو دراهم أو دنانير منقوشة به أو حمل متاعا في جملته مصحف أو لمس الجدار أو الحلوى أو الخبز المنقوش به فالمذهب الصحيح جواز هذا كله لأنه ليس بمصحف وفيه وجه أنه حرام وقال أقضى القضاة أبو حسن الماوردي في كتابه الحاوي يجوز مس الثياب المطرزة بالقرآن ولا يجوز لبسها بلا خلاف لأن المقصود بلبسها التبرك بالقرآن

Masalah ke-110: Membawa Mushaf Bersama Selainnya

Jika orang yang  berhadats atau junub atau perempuan haid menyentuh atau membawa sebuah kitab fiqh atau kitab ilmu lain yang berisi ayat-ayat Al-Qur’an atau pakaian yang bersulam ayat Al-Qur’an atau yang uang dirham atau uang dinar berukiran ayat Al-Qur’an atau membawa barang-barang yang di antaranya terdapat Mushaf atau menyentuh dinding atau makanan kecil atau roti yang berukiran Al-Qur’an, maka pendapat yang shahih adalah boleh melakukan semua ini karena tidak dianggap Mushaf. Terdapat satu pendapat yang mengatakan haram. Qadhi besar Abu Hasan Al-Mawardi dalam kitabnya Al-Haawi mengatakan bahwa diperbolehkan menyentuh baju yang bersulam Al-Qur’an namun tidak boleh memakainya tanpa ada perselisihan karena tujuan memakainya adalah tabarruk (mengambil berkat) dengan Al-Qur’an.

وهذا الذي ذكره أو قاله ضعيف لم يوافقه أحد عليه فيما رأيته بل صرح الشيخ أبو محمد الجويني وغيره بجواز لبسها وهذا هو الصواب والله أعلم

Pendapat yang disebutkan atau dikatakannya ini adalah lemah dan tidak seorang pun yang berpendapat seperti itu menurut pengetahuan saya. Bahkan Asy-Syeikh Abu Muhammad Al-Juwaini dan lainnya menegaskan kebolehan memakainya. Inilah pendapat yang benar. Wallahua’lam.

 

وأما كتب تفسير القرآن فان كان القرآن فيها أكثر من غيره حرم مسها وحملها وان كان غيره أكثر كما هو الغالب ففيها ثلاثة أوجه * 1 – أصحها لا يحرم * 2 – والثاني يحرم * 3 – والثالث إن كان القرآن بخط متميز بغلظ أو حمرة أو غيرها حرم وان لم يتميز لم يحرم

Adapun mengenai Kitab tafsir Al-Qur’an, apabila Al-Qur’an yang terdapat di dalamnya lebih banyak dari tulisan lainnya, haram menyentuh dan membawanya. Kalau tulisan lainnya lebih banyak sebagaimana pada umumnya, maka ada tiga pendapat. Pedapat yang lebih shahih adalah tidak haram. Pendapat kedua menyatakan hukumnya haram. Pendapat ketiga menyatakan  kalau Al-Qur’an di tulis dengan huruf yang berbeda karena tebal atau dengan huruf merah atau lainnya, maka haram. Jika tulisannya tidak berbeda, maka tidak haram.

 

قلت ويحرم المس إذا استويا

Saya katakan: Dan haram menyentuhnya apabila sama banyak antara keduanya.

 

قال صاحب التتمة من أصحابنا واذا قلنا لا يحرم فهو مكروه

Sahabat kami penulis kitab At-Tatimmah berkata, apabila kami katakan : tidak haram maka maksudnya adalah makruh.

 

وأما كتب حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم: فان لم يكن فيها آيات من القرآن لم يحرم مسها والأولى أن لا تمس إلا على طهارة وان كان فيها آيات من القرآن لم يحرم على المذهب وفيه وجه أنه يحرم وهو الذي في كتب الفقه

Adapun kitab-kitab hadits Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wa sallam jika tidak terdapat ayat-ayat Al-Qur’an di dalamnya, tidaklah haram menyentuhnya. Pendapat yang lebih utama adalah tidak disentuh kecuali dalam keadaan suci. Kalau terdapat ayat-ayat dari Al-Qur’an, tidaklah haram menurut madzhab kami, tetapi makruh. Dalam hal ini ada satu pendapat bahwa hal itu haram, yaitu yang terdapat dalam kitab-kitab Fiqh.

 

وأما المنسوخ تلاوته كالشيخ والشيخة إذا زنيا فارجموهما البتة وغير ذلك فلا يحرم مسه ولا حمله قال أصحابنا وكذلك التوراة والإنجيل

Sedangkan ayat yang dinasakh tilawahnya seperti ayat tentang rajam dan selain itu, maka tidak haram menyentuh ataupun membawanya. Para sahabat kami berkata, demikian pula hukumnya untuk Taurat dan Injil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Muslim Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kalender

Juli 2017
M S S R K J S
« Apr   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: