At – Tibyan (08. Adab Berinteraksi Dengan Al-Qur’an – 85. Hukum Menafsirkan Al-Qur’an)


حكم تفسيره

[فصل] ويحرم تفسيره بغير علم والكلام في معانيه لمن ليس من أهلها والأحاديث في ذلك كثيرة والاجماع منعقد عليه

Masalah ke-85:  Hukum Menafsirkan Al-Qur’an

Diharamkan menafsirkan Al-Qur’an tanpa ilmu, begitu pula haram berbicara tentang makna-maknanya bagi siapa yang bukan ahlinya. Banyak hadits berkenaan dengan perkara tersebut dan ijma’ berlaku atasnya.

وأما تفسيره للعلماء فجائز حسن والاجماع منعقد عليه فمن كان أهلا للتفسير جامعا للأدوات حتى التي يعرف بها معناه وغلب على ظنه المراد فسره إن كان مما يدرك بالاجتهاد كالمعاني والأحكام الجلية والخفية والعموم والخصوص والإعراب وغير ذلك

Sedangkan penafsirannya oleh ulama adalah sesuatu yang baik dan diperbolehkan. Dan ijma’ telah menetapkan atas hal itu. Maka siapa yang ahli menafsirkan dan mempunyai bekal yang lengkap untuk mengetahui maknanya dan benar sangkaannya terhadap apa yang dimaksud, dia pun bisa menafsirkannya jika dapat diketahui dengan ijtihad. Seperti makna-makna dan hukum-hukum yang jelas ataupun yang samar, tentang keumuman dan kekhususan serta I’raab dan lainnya.

 

وإن كان مما لا يدرك بالاجتهاد كالأمور التي طريقها النقل وتفسير الألفاظ اللغوية فلا يجوز الكلام فيه إلا بنقل صحيح من جهة المعتمدين من أهله وأما من كان ليس من أهله لكونه غير جامع لأدواته فحرام عليه التفسير لكن له أن ينقل التفسير عن المعتمدين من أهله

Kalau maknanya tidak dapat diketahui dengan ijtihad seperti perkara-perkara yang diperoleh dengan cara menukil dan menafsirkan lafadz-lafadz bahasa, maka tidak boleh berbicara tentang hal itu kecuali dengan nukilan yang sahih dan pendapat yang kuat oleh ahlinya. Sementara orang yang bukan ahlinya karena tidak mempunyai alat-alatnya, maka haram baginya menafsirkan maknanya. Dalam keadaan ini dia bisa menukil tafsirnya dari ahlinya yang layak.

 

ثم المفسرون برأيهم من غير دليل صحيح أقسام

Kemudian, orang-orang yang menafsirkan dengan pendapat mereka tanpa dalil yang sahih ada beberapa golongan.

 

1 – منهم من يحتج بأنه على تصحيح مذهبه وتقوية خاطره مع أنه لا يغلب على ظنه أن ذلك هو المراد بالآية وإنما يقصد الظهور على خصمه

  • Di antara mereka ada yang berhujjah dengan ayat untuk membenarkan madzhabnya dan menguatkan pendapatnya, meskipun sebenarnya dia sendiri kurang yakin bahwa itulah yang dimaksud oleh ayat itu. Dia sekedar ingin mengalahkan lawannya dengan tafsirannya tersebut.

2 – ومنهم من يقصد الدعاء إلى خير ويحتج بآية من غير أن تظهر له دلالة لما قاله

  • Ada yang ingin menyeru kepada kebaikan dan berhujjah dengan suatu ayat tanpa mengetahui dengan jelas pendalilan atas apa yang dikatakannya.

3 – ومنهم من يفسر ألفاظه العربية من غير وقوف على معانيها عند أهلها وهي مما لا يؤخذ إلا بالسماع من أهل العربية وأهل التفسير كبيان معنى اللفظ واعرابها وما فيها من الحذف والاختصار والاضمار والحقيقة والمجاز والعموم والخصوص والتقديم والتأخير والاجمال والبيان وغير ذلك مما هو خلاف الظاهر

  • Diantaranya ada pula yang menafsirkan lafadz-lafadz Arabnya tanpa memahami makna-makna dari ahlinya, padahal hal itu tidak bisa diambil kecuali dengan mendengar dari ahli bahasa Arab dan ahli tafsir, seperti penjelasan makna lafadz dan penjelasan I’rabnyaseperti hadzaf, ikhtishar, idhmaar, hakekat dan majaz, keumuman dan kekhususan, taqdim dan ta’khir, ijmaal dan bayan, dan sebagainya dari hal-hal yang berbeda dengan d

ولا يكفي مع ذلك معرفة العربية وحدها بل لا بد معها من معرفة ما قاله أهل التفسير فيها فقد يكونون مجتمعين على ترك الظاهر أو على إرادة الخصوص أو الاضمار وغير ذلك مما هو خلاف الظاهر

Disamping itu tidak cukup mengetahui bahasa Arab saja, tetapi mesti mengetahui apa yang dikatakan oleh ahli tafsir berkenaan dengannya. Kadang-kadang mereka bersepakat untuk meninggalkan dzahirnya atau mendatangkan kekhususannya atau yang idhmaar dan sebagainya dari sesuatu yang berbeda dengan dzahirnya.

 

وكما إذا كان اللفظ مشتركا في معان فعلم في موضع أن المراد أحد المعاني ثم فسر كل ما جاء به فهذا كله تفسير بالرأي وهو حرام والله أعلم

Begitu juga apabila ada lafadz yang mempunyai beberapa makna, kemudian dia mendapati lafadz tersebut di suatu tempat maknanya adalah salah satu makna dari beberapa makna yang dimaksudnya, kemudian dia selalu menafsirkan lafadz tersebut dengan satu makna tersebut, maka ini semua adalah tafsir menurut pendapatnya (tafsir bir ra’yi) dan hukumnya haram. Wallahua’lam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Muslim Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kalender

Maret 2017
M S S R K J S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d blogger menyukai ini: