At – Tibyan (07. Adab Dan Etika Membaca Al-Qur’an – 60. Hukum Mengeraskan Suara Ketika Membaca Al-Qur’an )


حكم الجهر

[فصل] أجمع المسلمون على استحباب الجهر بالقراءة في الصبح والجمعة والعيدين والاولتين من المغرب والعشاء وفي صلاة التراويح والوتر عقيبها وهذا مستحب للإمام والمنفرد بما ينفرد به منها وأما المأموم فلا يجهر بالاجماع ويسن الجهر في صلاة كسوف القمر ولا يجهر في كسوف الشمس ويجهر في الاستسقاء ولا يجهر في الجنازة إذا صليت بالنهار وكذا في الليل على المذهب الصحيح المختار

Masalah ke-60:  Hukum Mengeraskan Suara Ketika Membaca Al-Qur’an

Para Ulama satu suara atas sunnahnya membaca dengan suara keras dalam shalat Subuh, shalat Jum’at, shalat dua hari raya dan dua rakaat pertama dari shalat Maghrib dan Isyak, shalat Tarawih dan Witir sesudahnya. Hukumnya adalah mustahab bagi imam dan orang yang shalat sendirian. Sementara makmum, maka ia tidak mengeraskan suaranya sesuai dengan ijma’. Disunnahkan pula membaca dengan suara keras dalam shalat gerhana bulan dan tidak membaca dengan keras dalam shalat gerhana Matahari, membaca dengan keras dalam shalat Istisqa’ (minta hujan) dan tidak membaca dengan suara kuat dalam shalat jenazah jika shalatnya berlangsung pada waktu siang. Menurut satu pendapat yang kuat juga tidak perlu mengeraskan suara ketika shalatnya dilakukan waktu malam.

ولا يجهر في نوافل النهار غير ما ذكرناه من العيد والاستسقاء واختلف أصحابنا في نوافل الليل 1 – فالأظهر انه لا يجهر 2 – والثاني أنه يجهر 3 – والثالث وهو الأصح وبه قطع القاضي حسين والبغوي يقرأ بين الجهر والاسرار

Tidak perlu membaca dengan mengeraskan suara ketika shalat nawafil (sunnah) siang hari kecuali shalat Hari Raya dan Istisqa’. Para sahabat kami berlainan pendapat berkenaan dengan shalat nawafil di malam hari. (1) Pendapat yang lebih nampak adalah tidak membaca dengan suara keras. (2) Pendapat kedua membaca dengan suara keras. (3) Pendapat ketiga, yaitu yang lebih sahih dan didukung bersama oleh Al-Qadhi Husain dan Al-Baghawi ialah membaca antara keras dan lirih.

 

ولو فاته صلاة بالليل فقضاها بالنهار أو بالنهار فقضاها بالليل فهل يعتبر في الجهر والإسرار وقت الفوات أم وقت القضاء

Sekiranya tertinggal shalat pada waktu malam, kemudian dia meng-qadha pada waktu siang atau tertinggal pada waktu siang dan meng-qadha di malam hari, apakah mengeraskan bacaan disesuaikan dengan waktu yang tertinggal itu ataukah waktu qadha?

 

فيه وجهان لأصحابنا أظهرهما الاعتبار بوقت القضاء

Berkenaan dengan perkara tersebut ada dua pendapat dari sahabat kami. Pendapat yang lebih tepat adalah sesuai dengan waktu qadha.

 

ولو جهر في موضع الاسرار أو أسر في موضع الجهر فصلاته صحيحة ولكنه ارتكب المكروه ولا يسجد للسهو

Sekiranya membaca dengan keras di waktu seharusnya dengan bacaan lirih atau sebaliknya, maka shalatnya tetap sah, tetapi dianggap melakukan perbuatan yang makruh dan tidak perlu sujud sahwi.

 

تنبيه واعلم ان الاسرار في القراءة والتكبيرات وغيرهما من الأذكار هو أن يقوله بحيث يسمع نفسه ولا بد من نطقه بحيث يسمع نفسه إذا كان صحيح السمع ولا عارض له فان لم يسمع نفسه لم تصح قراءته ولا غيرها من الاذكار بلا خلاف

Pehatian! Ketahuilah bahwa bersuara pelan dalam mereka membaca Al-Qur’an, takbir dan dzikir-dzikir lainnya adalah dengan mengucapkannya sehingga terdengar oleh dirinya dan mesti diucapkan kalau pendengarannya sehat dan tidak ada penghalangnya. Jika bacaannya tidak terdengar oleh dirinya sendiri, maka bacaannya ataupun dzikir-dzikir lainnya tidak sah tanpa ada perselisihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Muslim Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kalender

Februari 2017
M S S R K J S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  
%d blogger menyukai ini: