At – Tibyan (07. Adab Dan Etika Membaca Al-Qur’an – 55. Penggunaan Kalimat Al-Qur’an Dalam Percakapan )


[فصل] في قراءة يراد بها الكلام

ذكر ابن أبي داود في هذا اختلافا وروي عن ابراهيم النخعي رضي الله عنه انه كان يكره أن يقال القرآن بشئ يعرض من أمر الدنيا

Masalah ke-55:  Penggunaan Kalimat Al-Qur’an Dalam Percakapan

Ibnu Abi Dawud menyebutkan adanya perselisihan pendapat berkenaan dengan hal ini. Diriwayatkan dari Ibrahim An-Nakha’i radhiyallohu ‘anhu bahwa dia tidak suka menggunakan kalimat Al-Qur’an dengan tujuan urusan dunia.

وعن عمر بن الخطاب رضي الله عنه انه قرأ في صلاة المغرب بمكة والتين والزيتون ورفع صوته وقال وهذا البلد الأمين وعن حكيم بضم الحاء بن سعد ان رجلا من المحكمية أتى عليا رضي الله عنه وهو في صلاة الصبح فقال لئن أشركت ليحبطن عملك فأجابه علي في الصلاه

Diriwayatkan dari Umar Ibnu Khattab radhiyallohu ‘anhu bahwa beliau membaca dalam shalat Maghrib di Makkah, (Wattini waz zaituuni) dan mengeraskan suaranya ketika membaca (Wa haadzal baladil amiini). Diriwayatkan dari Hukaim bin Sa’ad bahwa seorang lelaki dari Al-Muhakkimat datang kepada Ali yang sedang menunaikan shalat Subuh, kemudian dia berkata : La-in asyrakta layahbathanna ‘amaluka (jika kamu mempersekutukan-Tuhan- niscaya akan sia-sialah amalmu. (QS Ar-Ruum 30:60). Maka Ali menjawabnya dalam shalat:

 

فَاصْبِرْ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ ۖ وَلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِينَ لَا يُوقِنُونَ

Artinya: “Maka bersabarlah kamu, sesungguhnya janji Allah Ta’ala adalah benar dan sekali-kali janganlah orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah Ta’ala itu menggelisahkan kamu).” (QS Ar-Ruum 30:60)

 

قال أصحابنا إذا استأذن انسان على المصلي فقال المصلي (ادخلوها بسلام آمنين فإن أراد التلاوة وأراد الإعلام لم تبطل صلاته وان أراد الاعلام ولم يحضره نية بطلت صلاته

Para sahabat kami mengatakan, apabila seorang manusia minta izin masuk kepada orang yang sedang shalat, kemudian orang yang shalat itu mengatakan: “Udkhuluuha bi salaamin aaminiin” (Masuklah kamu dengan selamat dan aman), maka jika dia bermaksud untuk membaca ayat atau membaca ayat sekaligus pemberitahuan, maka shalatnya tidak batal. Jika dia bermaksud memberitahu dan tidak ada niat membaca ayat, maka shalatnya batal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Muslim Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kalender

Februari 2017
M S S R K J S
« Jan   Mar »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728  
%d blogger menyukai ini: