Tafsir Surat Ya Sin (Ringkasan dan Faidah) ayat : 1-4


 

Oleh : Muhammad Ibnu Shalih al ‘Utsaimin rahimahullah

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

 

Ayat : 1 – 4

 

يس

“Yaa siin”

 

وَالْقُرْآَنِ الْحَكِيمِ

“Demi Al Quran yang penuh hikmah”

 

إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ

“Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul”

 

عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“(yang berada) diatas jalan yang lurus”

FAIDAH :

  1. Penjelasan bahwa Al Quran, yang tidak seorang pun dari umat manusia ini yang mampu mengadakan hal yang serupa dengannya, sama sekali bukan bid’ah (sesuatu yang diada-adakan) dari lisan mereka, tetapi ia terdiri dari huruf-huruf yang darinya mereka menyusun kata-kata mereka. Yang bisa diisyaratkan terhadap hal itu adalah firman Allah Ta’ala : يس (ya siin). Oleh karena itu, huruf –huruf hijaiyyah ini tidak akan muncul di awal surat Al Quran kecuali setelahnya disebutkan kata al Quran pada sebagian besar kesempatan.
  2. Yang termasuk manfaat yang lain adalah keagungan Al Quran al ‘Azhim, karena Allah Ta’ala telah bersumpah dengan Al Quran itu. Dan Dia tidak bersumpah, kecuali dengan sesuatu hal yang diagungkan. Dan Al Quran adalah kitab mulia lagi agung pada zatnya itu sendiri.
  3. Manfaatnya yang lain adalah pujian yang diberikan atas Al Quran, di mana ia merupakan Kitab yang penuh hikmah dengan tiga sisinya, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya pada pembahasan firman Allah Ta’ala وَالْقُرْآَنِ الْحَكِيمِ “Demi Al Quran yang penuh hikmah”[1]
  4. Di antara manfaat lainnya adalah memberikan perhatian terhadap ketetapan risalah Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam, karena Allah Ta’ala telah bersumpah atasnya sekaligus menekankannya sebagai tambahan atas sumpah tersebut dengan menggunakan kata inna dan huruf lam.
  5. Ketetapan risalah Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam. Oleh karena itu, barangsiapa mengingkarinya berarti dia kafir, karena dia telah mendustakan Allah dan RasulNya dan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin.
  6. Manfaat lainnya adalah penetapan adanya para Rasul. Dan bahwasannya ada Rasul-rasul lain selain Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam. Yang demikian itu didasarkan pada firman Allah Ta’ala disini إِنَّكَ لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ “Termasuk salah seorang dari para Rasul”. Oleh karena itu, Allah Ta’ala berfirman di dalam ayat yang lain مَا كُنْتُ بِدْعًا مِنَ الرُّسُلِ “Aku bukanlah Rasul yang pertama di antara Rasul-rasul” (al Ahqaaf : 9).Maksudnya, aku bukanlah Rasul pertama. Sebab Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam telah didahului oleh Rasul-rasul sebelumnya.
  7. Di antara manfaat lainnya adalah bahwa syari’at yang dibawa oleh Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam merupaka jalan yang lurus. Hal itu sesuai dengan firmanNya “Yang berada di atas jalan yang lurus.”. Sedangkan jalan yang bertentangan dengan syari’at mengandung unsur kebengkokan dan keburukan sesuai dengan apa yang bertentangan dengan syari’at Nabi shallallohu ‘alaihi wa sallam.

 

 

 

 


[1] Al Quran disebut dengan “al hakim” memiliki tiga makna :

Pertama, ia sarat dengan hikmah dalam penyusunannya. Maka setiap ayat akan saling berdampingan dengan ayat-ayat lainnya, sekalipun kita mengira bahwa antara keduanya tidak terdapat hubungan. Yang demikian itu bisa disebabkan karena ketidakmampuan kita maupun karena kelengahan kita.

Kedua, mengandung hikmah dalam semua hukum-hukumnya. Di mana semua ketetapan hukumnya adil, sesuai dengan fitrah dan akal sehat.

Ketiga, penuh hikmah dalam gaya bahasanya, di mana ia akan bernada keras pada bagian-bagian yang menuntut nada keras dan menggunakan nada lembut di bagian-bagian yang lembut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Muslim Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kalender

Juni 2011
M S S R K J S
« Mei   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d blogger menyukai ini: