Tafsir Surat Al-Qadr


Allah Ta’ala Berfirman dalam surat Al Qadr :

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? . Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar”.

Berkata Syaikh Abdurrahman As Sa’di Rahimahullah dalam menafsirkan ayat diatas:

Allah Ta’ala telah memberitakan kepada kita dengan jelas mengenai keutamaan Al-Qur’an dan betapa tinggi kemuliaan yang ada padanya (Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan) . Sebagaimana firman Allah Ta’ala dalam ayat lain “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam yang diberkahi ”. Allah Ta’ala memulai dengan menurunkan Al Qur’an di bulan Ramadhan pada malam Lailatul Qadr. Kasih sayang Allah dan rahmat-Nya yang Maha luas bagi hamba-hambaNya pada malam yang mulia itu. Tidaklah Allah memuliakan hamba-hambaNya pada malam itu, kecuali mereka dalam keadaan bersyukur.

Dinamakan Lailatul Qadr (malam kemuliaan), karena betapa besar kemuliaan yang ada padanya dan keutamaan yang Allah berikan pada malam itu. Karena sesungguhnya pada malam kemuliaan itu, Allah menetapkan taqdir ajal-ajal (kematian), rizki-rizki dan ketentuan-ketentuan lain yang telah ditetapkan dalam setahun.

Allah Ta’ala memuliakan urusan dimalam itu serta mengagungkannya. ( Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? ) yakni urusan dimalam itu sungguh mulia dan mempunyai kedudukan yang sangat agung. ( Lailatul Qadr itu lebih baik daripada seribu bulan ) pada malam kemuliaan itu keutamaannya sepadan dengan kadar waktu selama seribu bulan, yakni amalan yang dilakukan pada malam itu sungguh lebih baik dari pada amalan yang dilakukan selama seribu bulan yang tidak terdapat padanya malam Lailatul Qadr. Fenomena yang demikian ini membuat heran dan tercengang orang-orang yang berakal, ketika Allah Tabaraka Wa Ta’ala mengkaruniakan atas ummat ini yang sangat lemah kemampuannya dan juga yang mempunyai kekuatan dengan anugerah malam Lailatul Qadr. Yaitu jika mereka beramal shalih pada malam yang mulia itu maka keutamaannya berlipat semisal seribu bulan mereka mengamalkannya. Dan pada malam itu, umur seseorang juga bertambah panjang selama 80 tahun lebih (seribu bulan).

Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-nya ) yakni dimalam yang mulia itu malaikat-malaikat Allah turun dengan jumlah yang lebih banyak. ( Untuk mengatur segala urusan ) yakni keselamatan dari segala malapetaka dan kerusakan, maka dimalam itu sungguh melimpah kebaikan. ( Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar ) yakni malam itu dimulai ketika persis tenggelamnya matahari hingga terbitnya fajar.

Banyak hadits mutawatir (diriwayatkan dari banyak jalan) yang memberitakan tentang keutamaan Lailatul Qadr. Malam yang mulia itu terjadi pada sepuluh hari terakhir dibulan Ramadhan, khususnya pada malam-malam ganjil dibulan itu. Malam qadr itu akan tetap ada dan senantiasa muncul setiap tahun, hingga kelak datangnya hari kiamat. Dengan sebab inilah Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa ‘ala aalihi wasallam melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, dalam rangka memperbanyak amalan ibadah dengan penuh harapan mendapatkan malam Lailatul Qadr, wallahu a’lam.

Syaikh Abdurrahman As Sa’di Rahimahullah 
Taisirul Karimir Rahman Fii Tafsiri Kalamil Mannan Hal. 931
Alih Bahasa : Fikri Abul Hassan

artikel : http://alghuroba.org/front/node/r/173

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: