TAFSIR SURAT YASIN AYAT 38


Majmu’ Fatawa wa Maqalat Ibnu Baz Juz 8

 

Pertanyaan : Bagaimana penjelasan firman Allah Ta’ala :

 

وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

 

“dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui” (Yaa Siin : 38)

وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَاهُ مَنَازِلَ حَتَّى عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ

 

“Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua” (Yaa Siin : 39)

 

لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

 

“Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya” (Yaa Siin : 40)

 

 

Jawab :

 

Tafsir ayat yang mulia ini telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam kepada Abu Dzar radhiyallohu ‘anhu :

 

يا أبا ذر أتدري ما مستقرها ؟ فقال أبو ذر : الله ورسوله أعلم . قال صلى الله عليه وسلم : مستقرها أنها تسجد تحت عرش ربها عز وجل ذاهبة وآيبة بأمره سبحانه وتعالى

 

“Wahai Abu Dzar, tahukah engkau apa mustaqarr (tempat peredaran) nya?” Abu Dzar menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu.” Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “tempat peredarannya yaitu bahwasannya matahari bersujud di bawah ‘arsy Rabbnya ‘Azza wa Jalla, pergi dan kembali dengan perintahNya Subhanahu wa Ta’ala. (Sahih Bukhari : 4525; Sahih Muslim : 159; Sunan Tirmidziy : 3227; Sunan Abu Dawud : 4002; Musnad Ahmad : 5/152).

 

Yaitu sujud yang hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala yang mengetahui caranya. Semua makhluk bersujud dan bertasbih kepada Allah Jalla wa ‘Ala dengan cara yang hanya diketahui oleh Allah Subhanah. Adapun kita tidaklah mengetahui dan tidak pula memahaminya. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman :

 

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمَاوَاتُ السَّبْعُ وَالْأَرْضُ وَمَنْ فِيهِنَّ وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ وَلَكِنْ لَا تَفْقَهُونَ تَسْبِيحَهُمْ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

“Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun” (Q.S al Israa’ : 44).

 

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ

 

“Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia?” (Q.S al Hajj : 18)

 

Sujudnya mereka itu sesuai dengan keadaan mereka, tidak ada yang mengetahui cara sujud mereka kecuali Allah Subhanah. Di antaranya pula firman Allah Ta’ala :

 

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

 

“Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari” (Q.S ar Ra’du : 15)

 

Matahari berjalan sesuai dengan perintah Allah, terbit dari arah timur dan terbenam di arah barat sampai akhir masa. Ketika sudah mendekati hari kiamat maka matahari akan terbit dari tempat terbenamnya, dan itulah salah satu tanda besar hari kiamat sebagaimana telah mutawatir hadist-hadist dari Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam tentangnya. Apabila telah habis alam ini dan tiba hari kiamat maka matahari pun digulung, seperti yang Allah firmankan :

 

إِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ

 

“Apabila matahari digulung” (Q.S at Takwir : 1)

 

Maka matahari digulung, hilang cahayanya dan beserta rembulan dilemparkan ke dalam Jahannam. Apabila dunia telah musnah maka hilang pula kebutuhan terhadap keduanya.

 

Kesimpulannya : bahwasannya matahari pulang-pergi berjalan pada tempat beredarnya. Tempat beredarnya adalah sujudnya matahari di bawah ‘arsy dalam perjalanannya terbit dan tenggelam seperti penjelasan yang telah lalu dalam hadist yang sahih.

 

ذلك بتقدير العزيز العليم

 

“Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui”

 

Yaitu ketetapan yang telah ditentukan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala baginya.

Al ‘Aziz, maknanya yang Kuat, Mulia dan Menguasai segala sesuatu.

Al ‘Alim, maknanya mengetahui setiap keadaan makhlukNya.

 

Wallohu Waliyyu at Taufiq

About these ads

4 Komentar (+add yours?)

  1. Encep Mulyana
    Mei 30, 2011 @ 10:02:15

    Subhanalloah…! luar biasa fenomena ciptaan Allah ini, maka terlalu jika manusia tidak mau bersujud pada-Nya… naudzbulillah….

    Balas

  2. Ardan
    Sep 10, 2013 @ 19:20:07

    Subhanallah.
    maha benar Allah

    Balas

  3. Ahmad Syihab
    Jan 26, 2014 @ 17:37:35

    Oh Tuhan kami ! Kami tidak punya alasan untuk tidak sujud kepada Mu ya Allah !

    Balas

  4. nono
    Jul 16, 2014 @ 22:31:04

    surat yasin ayat 38 dan tafsirnya benar2 membuat saya bingung sebagai manusia yg hidup pada zaman modern ini. karena menurut ilmu modern ini matahari tidak beredar atau berjalan mengelilingi bumi tp sebaliknya. apalagi nabi muhammad menjelaskannnya dengan penjelasan yg sulit dipahami oleh manusia awam. apa jadinya kalau ayat dan hadits yg dijadikan tafsir ayat ini dikemukakan didepan ilmuwan, tentu akan jadi bahan tertawaan. semoga allah tetap menjaga iman saya. bantu aku memahami maksud ayat ini ya allah.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: