TAFSIR : AL BAQARAH AYAT 195


 

Majmu’ Fatawa wa Maqalat Ibn Baz Juz 24

Software : www.islamspirit.com

 

Penjelasan firman Allah Ta’ala :

 

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, Karena Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. (Al Baqarah : 195)

 

Dari acara Nurun ‘alad Darbi Kaset pertama.

 

Pertanyaan : Bagaimanakah penafsiran firman Allah Ta’ala :

 

“[dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan]”

 

Jawab :

 

Para ahli tafsir telah menyebutkan bahwasannya ayat yang mulia ini turun kepada kaum Anshar di kota Madinah al Munawwarah, di saat mereka berkeinginan untuk meninggalkan jihad dan menyibukkan diri dengan pertanian mereka. Maka Allah menurunkan firmanNya berkaitan dengan hal tersebut “[Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan]”

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjelaskan bahwa yang dimaksudkan adalah mengakhirkan/ terlambat dari berjihad di jalan Allah dalam keadaan mampu menunaikannya. Makna ayat ini bersifat umum sebagaimana dalam sebuah kaidah syar’ii’tibar/ pelajaran yang ada di dalam teks (syar’iat) adalah berdasarkan keumuman lafadznya, bukan berdasar pada kekhususan sebabnya”. Maka tidak diperbolehkan bagi seseorang untuk melemparkan dirinya kepada kebinasaan, seperti misalnya seseorang menjatuhkan dirinya dari bangunan yang tinggi dan  berkata, “sesungguhnya saya bertawakkal kepada Allah”, atau seseorang yang mengkonsumsi racun dan  berkata, “sesungguhnya saya bertawakkal kepada Allah”, atau seseorang menusuk dirinya dengan sebilah pisau atau benda tajam lainnya dan berkata, “sesungguhnya saya bertawakkal dan pasrah kepada Allah”. Semua ini tidak diperbolehkan. Wajib bagi setiap muslim untuk menjauh dan menjaga dirinya dari sebab-sebab kebinasaan, kecuali pada cara-cara yang syar’i semisal jihad (fi sabilillah) dan selainnya.

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: