TAFSIR SURAT YUSUF AYAT 4


Diterjemahkan dari kitab : Taisirul Karimi ar Rahman fi Tafsiri Kalami al Mannan

Penulis : Syaikh Abdurrohman bin Nashir bin as Sa’diy

Nama surat : Yusuf bin Ya’qub عليهما الصلاة والسلام

Status : Makkiyyah

Ayat : 4

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ (4)

4.  (ingatlah), ketika Yusuf Berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku[2], Sesungguhnya Aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.”

[2]  bapak Yusuf  ‘alaihis salam  ialah Ya’qub putera Ishak putera Ibrahim ‘alaihimus shalatu was salam.

TAFSIR :

Setelah Allah Ta’ala memuji kisah-kisah yang terkandung di dalam Al Quran, bahwasannya di dalamnya terkandung kisah-kisah terbaik di mana tidak dapat ditemui satu kisah pun yang semisal dengan apa yang dimiliki Al Quran, maka kemudian Allah menceritakan kisah Nabi Yusuf beserta bapak dan saudara-saudaranya, sebuah kisah yang bagus lagi menakjubkan.

Ketahuilah, Allah Ta’ala telah menyebutkan bahwa apa yang Dia kisahkan kepada RasulNya shallallohu ‘alaihi wa sallam adalah kisah yang terbaik di dalam kitab ini (Al Quran), kemudian Dia menceritakan dan meluaskan kisahnya, dan menyebutkan apa saja yang terjadi di dalamnya. Maka dapat diketahui bahwa kisah tersebut adalah kisah yang lengkap, sempurna serta terbaik. Barangsiapa yang berkeinginan untuk menyempurnakan atau membaguskan kisah tersebut dengan kisah-kisah israiliyyat yang tidak diketahui sanad (mata rantai pembawa kisah) dan pembawa beritanya di mana kebanyakannya adalah kisah dusta, maka dia memperbaiki atas Allah dan menyempurnakan sesuatu yang dia anggap kurang. Maka cukuplah bagi Anda bahwa hal tersebut hanyalah berujung kepada kejelekan. Sesungguhnya semua yang terkandung di dalam surat (Yusuf) ini telah memenuhi banyak kitab tafsir, berupa kedustaan dan hal-hal yang buruk yang dalam banyak hal berlawanan dengan apa yang dikisahkan oleh Allah Ta’ala.

Maka kewajiban setiap hamba adalah memahami kisah-kisah dari Allah Ta’ala serta meninggalkan selainnya yang tidak pernah dinukil dari Rasulullah shallallohu ‘alaihi wa sallam.

Firman Allah : { إِذْ قَالَ يُوسُفُ لأبِيهِ } [(ingatlah), ketika Yusuf Berkata kepada ayahnya] yaitu Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim al Khalil (kekasih Allah) ‘alaihimus shalatu was salam.

{ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ } [Wahai ayahku, Sesungguhnya Aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku] maka mimpi Yusuf ‘alaihis salam ini adalah sebuah permulaan dari apa yang akan dicapai olehnya, yaitu kedudukan yang tinggi di dunia dan di akhirat.

Demikianlah apabila Allah menghendaki sesuatu yang agung maka Dia awali dengan sebuah mukaddimah/ pendahuluan yang berfungsi sebagai persiapan dan kemudahan urusan, persiapan bagi hambaNya untuk menghadapai berbagai kesulitan, sebagai bentuk kelembutan dan kebaikan terhadap hambaNya.

Maka Allah memulakan dengan Ya’qub, bahwa matahari adalah ibunda (Yusuf), rembulan adalah ayahandanya, dan bintang-bintang adalah saudara-saudaranya. Dan bahwa dengannya keadaan akan berubah di mana mereka akan tunduk merendahkan diri kepadanya, dan sujud kepadanya sebagai tanda pemuliaan dan pengagungan. Dan Bahwasannya semua itu tidak terjadi melainkan dengan sebab pendahuluan berupa pilihan Allah Ta’ala kepada Yusuf serta kesempurnaan nikmat dariNya berupa ilmu, amal dan kedudukan di muka bumi. Nikmat ini meliputi seluruh keluarga Ya’qub ‘alaihis salam yang telah sujud (menghormati) mengikuti Yusuf ‘alaihis salam.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: