TAFSIR SURAT YUSUF AYAT 1-3


Diterjemahkan dari kitab : Taisirul Karimi ar Rahman fi Tafsiri Kalami al Mannan

Penulis : Syaikh Abdurrohman bin Nashir bin as Sa’diy

Nama surat : Yusuf bin Ya’qub عليهما الصلاة والسلام

Status : Makkiyyah

Ayat : 1-3

الر تِلْكَ آَيَاتُ الْكِتَابِ الْمُبِينِ (1) إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآَنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ (2) نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ هَذَا الْقُرْآَنَ وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ (3)

1.  Alif, laam, raa[1]. Ini adalah ayat-ayat Kitab (Al Quran) yang nyata (dari Allah).

2.  Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.

3.  Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran Ini kepadamu, dan Sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang-orang yang belum Mengetahui.

[1]  ialah huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan sebagian dari surat-surat Al Quran seperti: Alif laam miim, Alif laam raa, Alif laam miim shaad dan sebagainya. diantara ahli-ahli tafsir ada yang menyerahkan pengertiannya kepada Allah Karena dipandang termasuk ayat-ayat mutasyaabihaat, dan ada pula yang menafsirkannya. golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat, dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf-huruf abjad itu gunanya untuk menarik perhatian para Pendengar supaya memperhatikan Al Quran itu, dan untuk mengisyaratkan bahwa Al Quran itu diturunkan dari Allah dalam bahasa Arab yang tersusun dari huruf-huruf abjad. kalau mereka tidak percaya bahwa Al Quran diturunkan dari Allah dan Hanya buatan Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam semata-mata, Maka cobalah mereka buat semacam Al Quran itu.

TAFSIR :

Allah Ta’ala mengabarkan bahwa ayat-ayat Al Quran adalah { آيَاتُ الْكِتَابِ الْمُبِينِ } [ayat-ayat Kitab (Al Quran) yang nyata] yakni yang jelas dan terang, baik lafadz maupun maknanya. Di antara bukti jelas dan terangnya ayat-ayat Al Quran adalah : Allah Ta’ala menurunkan Al Quran dengan lisan/ bahasa arab, bahasa yang paling mulia dan paling jelas, yang menjelaskan segala sesuatu yang bermanfaat yang dibutuhkan oleh manusia. Kesemuanya itu { لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ } [agar kamu memahaminya] yakni supaya kalian memahami batasan-batasannya, pokok-pokok dan cabang-cabangnya serta perintah dan larangannya. Apabila kalian telah memahaminya dengan keyakinan, dan hati kalian telah mengetahuinya, niscaya akan lahir amal-amal shalih disertai ketundukan kepadaNya. Sehingga bertambahlah kepahaman pada akal kalian disebabkan diulang-ulangnya makna-makna yang mulia lagi tinggi itu. Keadaan kalian pun akan senantiasa berpindah dari satu kondisi kepada kondisi yang lebih baik dan lebih sempurna.

{ نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ أَحْسَنَ الْقَصَصِ } [Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik] Demikian karena kebenaran kisahnya, kelembutan perumpamaannya serta keindahan maknanya. { بِمَا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ هَذَا الْقُرْآنَ } [dengan mewahyukan Al Quran Ini kepadamu] yakni dengan segala hal yang tercakup di dalam Al Quran yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam), dengan Al Quran Kami lebihkan kedudukanmu di atas para Nabi yang lainnya. Semua itu adalah semata karunia dan kebaikan dari Allah Ta’ala.

{ وَإِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهِ لَمِنَ الْغَافِلِينَ } [dan Sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang-orang yang belum Mengetahui] yakni sebelumnya engkau (Muhammad) tidak mengetahui apa itu al Kitab (Al Quran) dan apa itu iman sebelum Allah Ta’ala mewahyukan kepadamu. , tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: